Kabinet Indonesia Maju, Harapan Baru Untuk Indonesia

Header

header adsjavascript:void(0)

Kabinet Indonesia Maju, Harapan Baru Untuk Indonesia


Hari ini menjadi hari disahkannya formasi baru menteri-menteri yang siap mengabdikan diri untuk Indonesia hingga 5 tahun kedepan. Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin sendiri saat debat Pilpres beberapa bulan yang lalu sempat mengusulkan beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam formasi kementerian, terkhusus menteri-menteri yang menjabat 5 tahun terakhir. Bahwa di periode selanjutnya, Pak Jokowi ingin memasukkan generasi milenials dalam kementeriannya jika mendapatkan kesempatan memimpin negeri pada periode 2019-2024. Setelah dilantiknya seluruh formasi kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju, tentu masyarakat mengharapkan adanya perubahan-perubahan yang signifikan dalam hal kemajuan bangsa. Berikut para Menteri yang diamanahkan oleh Presiden Republik Indonesia untuk mengemban tugas dan tanggungjawabnya dalam Kabinet Indonesia Maju pada peride 2019-2024.

Menko Polhukam : Mahfud MD
Menko Perekonomian : Airlangga Hartarto
Menko Maritim dan Investasi : Luhut Binsar Pandjaitan
Menko PMK : Muhadjir Effendy

Menhan : Prabowo Subianto
Mendagri : Tito Karnavian
Menlu : Retno LP Marsudi
Menag : Fachrul Razi
Menteri ATR : Sofyan Djalil
Mendes : Abdul Halim Iskandar
Menteri ESDM : Arifin Tasrif
Menkumham : Yasonna H Laoly
Menteri BUMN : Erik Thohir
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif : Wishnutama
Menpora : Zainudin Amali
Menristekdikti : Bambang B
Mendikbud : Nadiem M
Menteri Perdagangan : Agus S
Menteri Perhubungan Budi Karya S
Menteri Perindustrian : Agus Gumiwang
Menteri Pertanian : Syahrul Yasin L
Menteri Sosial : Juliari Batubara
Mensesneg : Pratikno
Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki
Menteri PPPA : I Gusti Ayu BD
Menpan RB : Tjahjo Kumolo
Menteri Bappenas : Suharso M
Menteri KKP : Edhy Prabowo
Menkes : Mayjen TNI dr Terawan
Menker : Ida Fauziyah
Menkeu : Sri Mulyani
Menkominfo : Johnny G Plate
Menteri LHK : Siti Nurbaya Bakar
Menteri PUPR : Basuki Hadimuljono
Jaksa Agung : Burhanudin
Kepala KSP : Moeldoko
Sekretaris Kabinet : Pramono Anung
Kepala BKPN Bahlil Lahadalia

Tentu ada banyak hal yang menarik dalam susunan formasi dari Kabinet Indonesia Maju ini. Mulai dari tergesernya menteri andalan seperti Ibu Susi Pudjiastuti dari jajaran kementerian, dan munculnya wajah yang menggambarkan generasi milenials, yaitu Nadiem Makarim. Warganet memberikan respon yang beragam terkait formasi dari Kabinet Indonesia maju, namun bagi saya ada hal yang sangat penting bagi seluruh masyarakat ketahui. Hal itu adalah "7 Perintah Presiden untuk Kabinet Indonesia Maju". Isi dari Perintah Presiden ini adalah:

1. Jangan Korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi!
2. Tidak ada visi misi Menteri, yang ada visi misi Presiden dan Wakil Presiden!
3. Kerja cepat, kerja keras, kerja produktif!
4. Jangan terjebak rutinitas yang monoton!
5. Kerja berorientasi pada hasil nyata! Tugas kita tidak hanya menjamin sent, tapi delivered!
6. Selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya!
7. Semuanya harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang tidak bersungguh-sungguh, tidak serius, bisa saya copot di tengah jalan!

Perintah Presiden ini tentu menjadi pegangan para menteri dalam bergerak. Hanya saja tentu sebagai Presiden juga tak boleh lepas dalam melakukan pengawalannya terhadap para menteri-menterinya. Oleh karena itulah, mungkin poin 7 menjadi tindakan tegas yang bisa dilakukan Presiden bilamana ada Menteri yang ogah-ogahan dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam Kabinet Indonesia Maju. Bagi saya sendiri, 7 Perintah Presiden ini sudah komplit, tapi tindak lanjut atas perintah-perintah Presiden ini juga sangat perlu untuk disegerakan dalam penerapannya. Misalnya saja poin nomor 1, penolakan korupsi dan perintah untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi. Tentu sistem pencegahan korupsi adalah hal yang sangat sulit untuk diterapkan. Makanya, sangat besar PR yang dibawa pulang para Menteri ini untuk menindaklanjuti seluruh Perintah Presiden.

Masyarakat menaruh harapan besar pada Kabinet Indonesia Maju. Karena beberapa waktu silam, Indonesia sangat terlihat suram di mata publik. Perubahan-perubahan yang dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat masih menjadi misteri. Akankah negeri akan maju menjadi lebih baik dan masih mewujudkan kesejahteraan rakyat, ataukah masih menguntungkan para elite, penguasa, dan politisi. Kita tunggu saja what will happen next.

Post a Comment

0 Comments