Huge Discount 99% Vs Flash Sale Rp.1

Header

header adsjavascript:void(0)

Huge Discount 99% Vs Flash Sale Rp.1

Ramadhan bagi sebagian kalangan pebisnis, akan menjadi salah satu momentum yang cukup berpengaruh bagi pengembangan bisnisnya. Apalagi dalam bisnis jual-beli. Pada era e-commerce seperti sekarang ini, para pengembang super-app e-commerce juga saling berlomba-lomba memanfaatkan momentum Ramadhan ini. Akhir-akhir ini bagi kalian penikmat event-event yang sering bermunculan di Online Shopping, tentu sering mendengar Flash Sale, dan Huge Discount yang ditawarkan hampir semua Market Place ternama terkhusus di Indonesia. Sebut saja Shopee, Bukalapak, dan Lazada. Primadona ini tentu seringkali mengirimkan anda pesan terkait penawaran khususnya melalui e-mail, atau notifikasi langsung dari aplikasi.


Market Place yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia masih saja tak henti-hentinya  saling bersaing memperebutkan tahta untuk menguasai pangsa-pasar dunia digital, terkhusus dalam bidang belanja digital. Kali ini Ramadhan lagi-lagi menjadi moment yang cukup "panas" bagi mereka yang berusaha mendapatkan tahta tersebut. Tentu mungkin dibalik semua tawaran gila dari e-commerce, mungkin diselipkan niat untuk sekalian beramal juga di bulan Ramadhan ini.

Jika dilihat dengan seksama, ada dua tawaran yang banyak e-commerce memanfaatkannya dan menjadikannya sebagai jalan pintas untuk meraih konsumen dan pelanggan sebanyak-banyaknya. Pertama tawaran Huge Discount, dan kedua yaitu Flash Sale. Meskipun dalam penerapannya berbeda-beda, tapi kedua metode ini cukup ampuh dalam mengait pelanggan yang banyak dibandingkan tawaran biasa. Karena sebagai konsumen, tentu akan berusaha memilih penawaran yang menguntungkan baginya dan minim budget dari segi finansialnya. Dari kedua metode ini, lebih efektif mana?


Pertama Huge Discount yang dimana akhir-akhir ini sering digunakan oleh Lazada dalam meraup jumlah pelanggan yang lebih banyak dari biasanya. Tentu metode ini tidak akan gagal. Karena bagi konsumen, apalagi di Indonesia tawaran diskon besar-besaran tentu menjadi hal yang sangat langka. Diskon 15%, 30%, atau 50% mungkin kadangkala atau seringkali dijumpai di toko dan mall. Tapi up-to 80%, gratis ongkir, dan cashback tentu menjadi penawaran yang lebih menggiurkan lagi bukan? Beberapa marketplace memilih untuk memadukan beberapa penawaran khusus bagi pelanggannya agar mereka merasa bahwa mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding mereka harus pergi keluar berbelanja di mall. Tapi tokoh utamanya adalah diskon besar-besaran. Lazada bahkan memberikan diskon hingga 98% untuk beberapa produk yang dipajangnya di beranda Lazada.

Ini tentu menjadi penawaran yang cukup dinanti-nantikan para users di Lazada. Karena dibalik salah satu marketplace yang terpercaya dalam model bisnis jual-beli barangnya (karena adanya opsi Cash On Delivery) yang dimana tidak semua marketplace utamanya di Indonesia memberikan opsi yang sama., menjadi kekuatan tersendiri bagi Lazada dalam hal kepercayaan konsumen dalam berbelanja di Lazada. Makanya, untuk meningkatkan jumlah pengguna, metode Huge Discount tentu menjadi sangat efektif bagi Lazada. Ditambah lagi macam-macam penawaran khusus lainnya, seperti voucher potongan ongkir, dan lainnya.


Beda halnya dengan yang dilakukan Bukalapak, yaitu Flash Sale serbu. Dimana metode ini memberikan harga paling minim dibandingkan harga biasanya. Hampir sama dengan diskon besar-besaran tapi metode ini tidak mengatasnamakan potongan harga, melainkan harga rendah bagi produk mewah. Misalnya motor dengan harga Rp.12.000, dan gadget mewah dengan harga Rp. 8.000. Dan Bukalapak sendiri menjadi salah satu marketplace yang sangat terkenal dengan menggunakan metode ini dalam meningkatkan pengguna dan konsumennya dalam aplikasi Bukalapak.

Penawaran ini bukan menjadi penawaran yang asing lagi bagi pelanggan Bukalapak, karena sudah lama bahkan sudah dari tahun lalu Bukalapak menjadikan penawaran ini seperti penawaran khusus Bukalapak ke para pelanggannya. Sistem Flash Sale ini sama seperti cuci gudang, siapa cepat dia dapat, dan siapa beruntung, dia juga yang dapat. Makanya para pelanggan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan harga spesial untuk barang-barang yang diinginkannya. Dari sinilah Bukalapak juga akan menilai bagaimana peningkatan pengguna dalam aplikasi jika ada penawaran spesial seperti Flash Sale.

Ramadhan menjadi momentum spesial bagi Marketplace dalam menjajalkan produk yang tersedia di super-app nya. Kamu sendiri kalau jalan-jalan di marketplace, kamu lebih memilih penawaran Harga Spesial Flash Sale, ataukah Diskon Gila Huge Discount?

Post a Comment

9 Comments

  1. Syukurnya saya karena bukan termasuk penggila shopping online yang makin kalap kalo pas ada diskon gede-gedean.
    Karena kadang apa yang kita beli saat diskon itu hanya sekedar memenuhi keinginan, bukan kebutuhan.

    ReplyDelete
  2. Asli ini notif market place kalau habis gajian kayak hujan. Trus mereka memang suka bikin kalap sih kalau kita udah ngecek huhuhu Apalagi kalau ada diskon plus free ongkir hadeeeeuh

    ReplyDelete
  3. Ya Allah, jauhkan lah hamba dari godaan diskon yang kian merebak... Luar biasa servisnya ini market place, dikit-dikit bunyi seng nitifikasinya..

    ReplyDelete
  4. Sejujurnya saya nda pernah ikutan flash sale atau program2 huge diskon di marketplace. Malas saja hahaha

    tapi paling terbaru ya saya berhasil membeli tas idaman dengan harga yang lumayan sampai 60% diskonnya. tapi itu bukan dari flash sale, cuma kebetulan lagi diskon saja memang

    ReplyDelete
  5. Market place setiap ada momen pasti selalu buat promo besar. Saya kadang tergiur dengan diskonnya. Haha. Apalagi sekarang banyak banget brand market place. Suka bingung dan lama sekali kalo mau dibanding-bandingin. Ujung-ujungnya malah saya nda jadi beli. Haha.

    ReplyDelete
  6. Suamiku termasuk salah satu yang suka tergiur dengan flash salenya Bukalapak hahahha kalau Saya lebih suka belanja online di shopee, itupun terbatas hanya buku dan item craft saja

    ReplyDelete
  7. Godaan diskon besar menggiurkan ya. Kita harus punya filter kuat agar bisa cerdas menyikapinya :)

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah belanja di buka lapak dan lazada, so baru tahu ni metode yang mereka gunakan untuk menggaet konsumen. Yah, siapa yang tidak tergoda dengan harga rendah atau flash sale kayak gitu. Apalagi menjelang ramadan ini. Lihat diskon besara2an bisa bikin kalap hehe.

    ReplyDelete
  9. Du tengah huge diskon all market place mngkin sy mi org yg paling jarang beli online apa2 hahaaa, lbh suka beli langsung di toko yg fisiknya terlihat

    ReplyDelete