Generasi Muda Indonesia, Unggul dan Kompetitif

Header

header adsjavascript:void(0)

Generasi Muda Indonesia, Unggul dan Kompetitif

Era Disrupsi ini semakin hari semakin banyak melahirkan anak muda unggul dan berkualitas bukan? Dimana-mana kita melihat bagaimana peran anak muda dalam membangun bangsa, menciptakan produk unggul, yang dapat bersaing tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Memperlihatkan karya-karyanya kepada dunia yang mendapatkan penghargaan yang bahkan dalam kanca Internasional.

Sebelum terlalu jauh melihat prestasi anak bangsa di luar negeri, mari sedikit kita menengok anak muda kebanggaan Indonesia yang ada di dalam negeri. Karena pada momentum akhir tahun ini, dapat kita asosiasikan sebagai momentum bagaimana kita merefleksikan segala macam prestasi yang telah kita peroleh, pencapaian yang kita raih, dan segala usaha yang telah kita keluarkan selama satu tahun penuh. Sebagai titik terjang kita kedepan, kita dapat menjadikan beberapa anak muda bangsa yang sangat inspiratif untuk menjadi teladan dan sosok yang tentu akan sangat berguna bagi kita dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Generasi muda seringkali disebut dengan generasi milenials. Ada banyak cerita yang dapat kita jadikan inspirasi bagaimana kita dapat meraih mimpi dengan usaha kita sendiri. Kisa Putri Tanjung yang perlahan-lahan meraih kesuksesannya menjadi CEO dari @Creativeprenurec, yaitu bidang usaha dari PT Visi Muda Kreatif, bahkan di tahun 2019 ini Putri Tanjung sudah diangkat menjadi seorang Staff Khusus Presiden yang tentu mewakili generasi millenials. Kamu tahu kan alasan Bapak Presiden memilih Putri Tanjung? Itu karena selain mewakili generasi milenials, kecekatannya dalam memanfaatkan segala kesempatan juga menjadi salah satu watak cerdas yang dipandang Bapak Presiden RI. Tapi yang paling utama adalah, Bapak Presiden RI berharap dengan adanya milenials dalam jajaran Staff Khususnya, beliau berharap adanya dobrakan-dobrakan baru dan gagasan-gagasan kreatif yang dapat muncul dari pemikiran seorang milenials seperti Putri Tanjung.

Saya juga setuju dengan pandangan Bapak Presiden RI terhadap kaum milenials, yang mengatakan bahwa karakter anak muda atau yang biasa disebut dengan generasi milenials adalah kereativitasnya. Cara berpikir yang out of the box, cara pandang yang berbeda dari yang lain, dan selalu bisa mencari jalan keluar di jalur yang diluar nalar membuat kaum muda tampak terlihat seperti orang yang aneh cara berpikirnya bila dibandingkan dengan orang-orang yang lebih senior (tua). Karena memang perbedaan pola pikir generasi muda dan inkumben cukup jauh berbeda, dalam seri-seri buku Disruption-nya Bapak Prof. Rhenald Kasali, menjelaskan bagaimana perbedaan pola pikir itu. Dimana anak muda sekarang bisa membawa masa depan ke masa kini, sedangkan orang dulu masih terjebak dengan kesuksesannya di masa lalu sehingga masa lalu mereka masih dibawa-bawa sampai pada masa sekarang.

Karenanya berbagai sosok pemuda patut dijadikan trendsetter dikalangan milenials. Lihatlah CEO Bukalapak, Ahmad Dzaky yang menciptakan karya yang sangat membantu kehidupan sehari-hari kita, begitupun Bapak Menteri Pendidikan baru kita, Nadiem yang juga membuat produk baru yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Dalam pendidikan, sosok Maudy Ayunda dan Cinta Laura juga bisa menjadi inspirasi, apalagi bila kita ingin menengok karya-karya anak muda dalam industri musik. Sebut saja Agnesmo, dan pemuda yang pada usia 19 tahun sudah masuk majalah Forbes pada list 30 Under 30 Asia tahun 2018, Rich Brian, dan juga Niki yang tentu lagu-lagunya cukup populer dikalangan anak muda, yang dimana salah satu lagunya pernah masuk dalam daftar Best of 2018 di Apple Music. Bidang Industri kreatif, komikus muda Faza Meonk adalah trendsetter-nya. Olahraga, ada Kevin Sanjaya, Liliyana Natsir, dan Tantowi Ahmad. Industri animasi ada gadis cantik Griselda Sastrawinata, yang pernah ikut serta dalam pembuatan film Shrek. Dan masih banyak lagi kaum milenials yang dapat menjadi sosok menginspirasi lainnya.

Tentu saja sebagai kaum yang mewakili anak muda milenials, dituntut untuk perlu memiliki ciri ke-milenial-annya terkhusus cara berpikir yang kreatif. Apalagi jaman sekarang kamu bisa mendapatkan banyak wadah yang dapat mengembangkan kreativitasmu sebagai kaum milenials. Kamar Dagang dan Industri Indonesia adalah salah satunya. Karena Kadin Indonesia atau biasa disapa Kadin adalah ruang bagi para pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Sejak berdirinya tahun 1968 sampai sekarang, Kadin masih selalu bisa menjadi organisasi tempat berkumpulnya pengusaha berpengaruh yang ada di Indonesia.

Post a Comment

2 Comments

  1. benar sekali min, meskipun ada beberapa generasi muda yang salah arah nyatanya banyak sekali generasi muda yang unggul dan kompetitif terlebih dengan kreatifitas dan inovasi² terbaru mereka yang sebelumnya belum pernah terfikirkan oleh kita.

    ReplyDelete
  2. nice info gan, saya sebegai generasi muda merasa terketuk dan harus yakin indonesia kelak bisa menjadi negara maju. Dimulai dari SDM yang berkualitas dan sarana belajar yang memadai pasti akan bisa memunculkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

    ReplyDelete