Muda Berinvestasi? Why Not?

Header

header adsjavascript:void(0)

Muda Berinvestasi? Why Not?

Masa muda akan menjadi masa penentu seseorang dalam meraih keberhasilannya dimasa mendatang. Orang-orang bilang, masa tuamu adalah apa yang telah kamu lakukan sejak masih muda dulu. Jadi jangan heran, bila ada sajak lagu yang mengatakan, "Tomorrow is today" yang bermakna bahwa apa yang akan kamu raih dihari esok adalah hasil dari apa yang telah kamu tuai dihari ini. Itu adalah potongan lirik lagu dari Billy Joel, yang juga menjadi judul buku dari salah satu karya bapak Manajemen Indonesia, Prof. Rheinald Kasali. Sebuah ungkapan yang sederhana, namun sangat filosofis. Tomorrow is today.

Umur remaja bukanlah alasan untuk menunggu umur yang lebih matang dalam mempersiapkan masa depan. Masa muda akan terlewatkan begitu saja, dan seelah masa muda itu terlewatkan, mungkin akan muncul beragam penyesalan, dan yang bisa kamu lakukan saat itu nanti hanya mengenang masa-masa yang sudah menjadi sejarah dalam bingkai kehidupanmu. Maka dari itu, sejak sekarang (masih muda) mulailah menata hidup dan melakukan perencanaan atas berbagai hal yang akan kamu raih, yang kamu inginkan, dan akan jadi apa kamu nanti di masa depan. Perencanaan akan selalu menjadi hal penting, apalagi dalam hal menata masa depan untuk menjadi lebih baik. Sebagai anak muda, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menunjang rencanamu dalam menata masa depan. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Dijaman sekarang, anak muda mana sih yang tidak kenal dengan dunia investasi? Kemudahan dalam mengakses informasi, sistem yang berjalan sederhana, dan teknologi yang dapat dikatakan sudah tersedia dimana-mana, tentu menjadi peluang yang sangat besar bagi kita dalam melaksanakan hidup yang lebih mudah dari jaman-jaman terdahulu.

Investasi dijaman milenials atau serba modern (serba instan) ini bahkan juga sudah berbeda caranya dari jaman orang tua kita dulu. Bila cara-cara orang dulu berinvestasi adalah dengan menabung secara berkala, ataukah menyimpan emas dan akan dijual saat tiba masanya dapat keuntungan yang banyak, atau bisa juga dengan menyimpan uang dengan mata uang asing yang akan ditukarkan saat nilainya naik. Tapi sekarang berbeda, investasi sudah berubah bentuk menjadi lebih sederhana, dan juga mudah dipahami. Ada saham, obligasi, dan yang paling sederhana adalah reksadana. Bahkan dengan dimudahkannya cara investasi, hasil yang didapatkan pun tidak main-main lebih menguntungkannya dibandingkan dengan menggunakan cara-cara lama. Ajaib bukan?!


Saya semasa kuliah juga selalu menyisihkan beberapa rupiah yang saya punya untuk investasi. Reksadana menjadi pilihan utama untuk memulai investasi, karena selain mudah dan sederhana, harga-harga unit investasi yang dapat dibeli melalui reksadana juga terbilang lebih terjangkau (murah). Aplikasi pertama yang membantu saya dalam menjalankan aktivitas investasi dalam hal reksadana adalah Bukalapak. Selain karena fitur yang tersedia cukup lengkap, Bukalapak juga dapat memberikan informasi yang cukup lengkap terkait hal-hal apa saja yang dibutuhkan atau informasi apa saja yang calon investor perlu tahu. Tapi ada aplikasi lain yang ternyata cukup sederhana tapi komplit dalam pengelolaan investasi terkhusus reksadana. Yak, aplikasi Ajaib : A Simpler Way to Invest.  Rilis resmi diawal tahun 2019, aplikasi yang dikembangkan PT Takjub Teknologi Indonesia ini sudah diunduh sebanyak 100.000++ pada Google Play Store, dengan rating yang cukup baik yaitu 4,7 dari nilai maksimal 5. Tentu allowance dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mempercayakan suatu instansi dalam memberikan akses untuk menjalankan proses bisnis yang memungkinkan pelanggannya berinvestasi bukanlah yang yang mudah. Karena bagi OJK, investasi adalah hal yang cukup riskan.

Aplikasi Ajaib memberikan kesempatan bagi anda yang kebingungan dalam hal persoalan menabung. Terkadang sebagai anak muda, cukup mudah bagi kita untuk menyisihkan beberapa sisa dari uang jajan harian, ataukah mingguan, atau juga bulanan. Hanya saja setelah disisihkan, hasrat untuk membelanjakannya kembali juga sulit untuk dilawan. Makanya untuk melawan dan membatasi hasrat untuk boros, berinvestasi di reksadana melalui aplikasi Ajaib mungkin adalah salah satu alternatif yang sangat jitu bagi kamu, kaum muda. Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan Ajaib sebagai wadah investasimu:

1. Mudah Dipahami
Tidak semua aplikasi yang menyediakan jasa investasi reksadana dapat memberikan fitur yang sederhana dan lengkap seperti Ajaib. Ajaib tidak memiliki fitur lain selain fitur yang berhubungan dengan investasi, maka sebagai calon investor muda kamu akan lebih mudah menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Ajaib hanya dengan satu kali membukanya saja. Fitur yang ada pada aplikasi Ajaib cukup lengkap, dan informasi yang kamu butuhkan sebagai calon investor sudah cukup terpenuhi disini tanpa bantuan dari pihak ketiga lagi.

2. Harga Investasi Terjangkau Anak Muda
Investasi reksadana dengan pecahan unit yang terjangkau kantong anak muda tentu menjadi pilihan terbaik bagi para investor yang masih berusaha dibangku sekolah/kuliah. Paling tidak harga investasi minimal bila kamu ingin memperoleh hasil yang memenuhi ekspektasimu adalah senilai Rp. 100.000. Dengan ini kamu dapat menyisihkan mungkin dalam satu bulan Rp. 100.000, jadi kamu dapat berinvestasi ditempat yang berbeda setiap bulannya.

3. Tersedia Banyak Pilihan Berinvestasi
Ajaib dapat memberikanmu rekomendasi terbaik dimana kamu dapat menyisihkan rupiah yang kamu punya untuk berinvestasi. Ada fitur "Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli" yang akan menampilkan beberapa pilihan untukmu dalam hal berinvestasi tapi sesuai dengan pilihan ahli-ahli. Ada fitur "Perusahaan BUMN Terbaik" dimana berisikan beberapa BUMN yang direkomendasikan untukmu menanam investasi, dan juga bila kamu orangnya cukup selektif dalam menanam modal, maka "Obligasi Ekonomi Syariah" juga fitur yang dapat membantumu untuk mencari pilihan tempat investasi yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jangan memanjakan diri selagi masih muda, pikirkanlah masa depanmu dan tata masa depan itu mulai dari sekarang. Investasi yang kamu tanam hari ini, jika sudah kamu petik hasilnya nanti akan menjadi hal yang sangat membantumu kelak. Mulailah berinvestasi dari sekarang.

Post a Comment

7 Comments

  1. Makasih mas informasinya, dlu pun pernah berinvestasi tapi gak jadi takut Soalnya masih sekolah Hahahah 😅

    ReplyDelete
  2. nice info gan,ortu sii menyarankan untuk investasi emas karena harganya bertambah setiap tahunnya. kalau sekarang investasi ilmu dulu dengan belajar yang rajin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Ilmu selalu menjadi modal yang paling berharga.

      Delete
  3. Saya pernah invest ke crypto tapi masih kecil" an gan. Sekarang udah ngga lagi. Terlalu besar resikonya. Tapi ada niatan buat invest ke lainnya. Yg resikonya cenderung kecil

    ReplyDelete
  4. memanglah masa muda harus digunakan untuk menabung dan berinvetasi misalnya saja kita kerja keras kemudian uang kita gunaka untuk menabung dan berinvestasi banyak juga di era sekarang ini langkah untuk berinvestasi, semoga bermanfaat min informasinya

    ReplyDelete
  5. Tidak ada salahnya selagi kita muda untuk berinvestasi untuk masa tua nanti.

    ReplyDelete