Bulan Syawal, Bulan Nikah

Header

header adsjavascript:void(0)

Bulan Syawal, Bulan Nikah

Momentum pernikahan pasti menjadi momentum yang sangat berhaarga bagi pasangan yang telah menemukan cinta sejatinya. Maka untuk membuatnya semakin spesial, beberapa orang berusaha mencari hari dan tanggal yang menarik agar menjadikan momentum di hari berbahagia tersebut menjadi memorable (mudah dikenang). Jika tahun 2019 ini tidak nampak tanggal yang terlihat unik, beberapa orang mengatakan di tahun depan ada tanggal 02-02-2020 atau 20-02-2020 yang terlihat cantik dan menarik. Bagaimana denganmu? Apa yang ingin kamu lakukan ditanggal cantik itu? Tertarik untuk melamar atau menerima lamaran atau memaksa seseorang untuk melamar mu?


Tentu menikah bukanlah hal yang mudah. Tidak semudah menembak seorang perempuan dikala muda tanpa memperdulikan berbagai hal dan macam-macam risikonya. Waktu dan tanggal nikah sendiri dapat kamu tentukan jika calon juga sudah ada kepastian. Jika belum, maka kamu bakal nikah sama siapa? Jika dilihat dari pendekatan agama, waktu bukanlah hal yang menjadi prioritas utama untuk jadi bahan pertimbangan. Hal yang paling utama yaitu calon yang baik. Masalah waktu, agama menganjurkan untuk bersegera jika sudah merasa mapan (berkecukupan untuk menanggung beban hidup bersama pasangan), daripada terus berada pada wilayah yang tidak sah (pacaran). Hal ini juga membuat kita terjaga dari yang namanya zina.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menikahi istrinya Aisyah Radhiyallahu Anha di bulan syawal. "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim). Maka jika dilihat dari segi agama bulan Syawal merupakan salah satu waktu yang terbaik untuk menikah. Karena meskipun bukan perintah, menikah di bulan syawal sendiri para ulama mengatakan bahwa ini adalah sunnah dari Nabi dan baik untuk dilakukan (dianjurkan). Karena beliau menikahi Aisyah Radhiyallahu Anha, dan segala perbuatan dan hal-hal yang dikerjakan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tentu diyakini dan dijadikan teladan bagi umatnya. Maka jadilah sunnah.

Hadits tersebut terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan syawal. Beberapa orang di Indonesia juga mengatakan bahwa bulan syawal ini adalah bulan untuk mempererat silaturahmi. Yaitu masih berada pada momentum lebaran. Maka jika kamu sudah memiliki calon dan sudah bertekad untuk menghalalkan seorang gadis, maka lakukanlah segera di bulan Syawal. Jika belum, carilah segera. Jika sudah punya, berikan dorongan untuk keluarga dan teman yang masih hidup sendirian. Okay?

Post a Comment

9 Comments

  1. Ohh berarti nanti kak adrian nikahnya di bulan syawal ya. Undang2 ka nah

    ReplyDelete
  2. Saya juga menikah bulan Syawal, tapi waktu itu terutama krn pertimbangan ketersediaan keluarga besar utk datang. Terutaama yang tinggalnya jauh dari Palopo hanya bisa menyempatkan cuti atau libur di saat yg sama dgn libur lebaran. :D

    ReplyDelete
  3. saya baru tau keutamaan menikah ada di bulan syawal, cuss langsung nyari jodoh, wahahha

    ReplyDelete
  4. Semoga yang punya blog diberi kesempatan menikah di bulan Syawal. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Saya baru tau dari tulisan ini tentang hadits menikah di bulan Syawal.
    Pantas aja kalo lebaran, sering muncul pertanyaan "kapan nikah?" haha...

    Semoga Ardian bisa mengikuti sunnah Rasul ya, menikah di bulan Syawal. Aamiiin.

    ReplyDelete
  6. Sudah terbukti nih,,bulan syawal ini banyak skli undangan nikah di kampung dan juga undangan nikah teman kelasku waktu kuliah ini.. Selian undangan nikah,, pertanyaan kapan nikah juga datang bertubi-tubi di bulan syawal.. Hehe :)

    ReplyDelete
  7. Iya nih, bulan Syawal rame dengan undangan nikah. Semoga disegerakan juga ya nikah di bulan syawal ya kak😅 tapi klu bukan di bulan Syawal pun tak apa-apa karena saya juga nikahnya bukan di bulan Syawal. Coz nunggu Syawal kelamaan jadi saya pilih menikah di bulan Rajab saja, sebelum Ramadhan😅

    ReplyDelete
  8. Dehhh pantasss bnyk sekali kerabat yg nikah bulan ini. Trnyata disini dasarnya toh hehehee

    ReplyDelete