Pulau Dutungan: Salah Satu Pulau Kayangan di Sulawesi Selatan

Header

header adsjavascript:void(0)

Pulau Dutungan: Salah Satu Pulau Kayangan di Sulawesi Selatan

Jika kamu mencari tempat bersenang-senang bersama keluarga atau teman-teman sejawat di akhir pekan di sekitaran daerah Sulawesi Selatan, pulau Dutungan baiknya menjadi salah satu wishlist kamu. Selain sebuah wisata yang benar-benar menyatu dengan alam, pulau dutungan juga menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya untuk berlibur di dalam pulau. Bukan hanya megahnya panorama biru dan hijau, kamu juga dapat menikmati nyamannya pulau yang suasananya seperti pulau milik sendiri. Pengelola wisata Pulau Dutungan menyiapkan berbagai fasilitas yang tentu dapat digunakan seluruh pengunjung Pulau Dutungan.


Untuk menyebrangi lautan menuju Pulau Dutungan, penyedia tempat wisata mengenakan biaya Rp. 50.000 untuk satu orang pengunjung. Mereka bebas untuk tinggal disana selama beberapa hari, tapi untuk keperluan bisnis mereka juga tidak diperkenankan untuk bolak-balik keluar masuk pulau. Jadi sekali masuk sekali bayar, jika sudah keluar dan mau masuk lagi ya harus bayar lagi.

Berlokasi di Barru, Sulawesi Selatan, Pulau Dutungan paling tidak membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk menyeberangi Barru dari dermaga kecil ke Pulau Dutungan. Selain biaya tiket masuk sebesar Rp. 50.000, tiket ini juga dapat ditukarkan nantinya ketika sudah berada dalam pulau untuk memainkan wahana Banana Boot yang disediakan di dalam pulau. Jadi pengunjung juga bebas kapan saja ingin bermain Banana boot, tapi hanya ada satu kali kesempatan saja untuk satu orang. Jika kamu berasal dari kota Parepare, ataukah Pinrang mungkin akan memakan waktu kurang dari satu jam untuk sampai ke lokasi. Jika kamu dari Makassar ataukah Maros, mungkin akan memakan waktu kurang dari dua jam saja.


Wisata ini berlokasi tepat di Desa Cilellang, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Pengunjung yang datang tentu akan merasa puas dan harga tiket masuk ke Pulau Dutungan yaitu Rp. 50.000 tentu cukup worth it bagi mereka. Karena selain tidak adanya batasan waktu dan batasan lainnya saat sudah berada di dalam pulau, pengunjung juga bebas ingin melakukan apa di dalam Pulau. Tapi paling tidak aktifitasnya tidak merusak alam dan mengganggu pengunjung yang lainnya. Karena penyedia tempat wisata juga mempekerjakan beberapa petugas keamananan yang berjaga selama 1x24 jam secara bergantian. Jadi anda tidak usah khawatir, paling tidak jika tidur di waktu malam, entah itu di tenda ataukah di gazebo yang disediakan, kamu harus bisa juga menjaga diri sendiri dan barang-barang berhargamu. Karena Pulau Dutungan ini cukup luas dan selalu banyak pengunjung yang berdatangan. Dan suasana seperti ini juga cukup rawan jika kamu sebagai pendatang kurang pengawasan.

Sejak tahun 2018, Pulau Dutungan menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati di kawasan Barru dan sekitarnya. Terkadang juga acara komunitas atau organisasi kampus atau masyarakat menyelenggarakan acaranya di dalam Pulau. Luas Pulau ini katanya berkisar 90 hektar dan terdapat banyak pohon-pohon kelapa dan pohon jati yang memberikan suasana khas sebuah Pulau kecil. Jika kamu takut dengan suasana malam di tempat asing seperti ini, jangan khawatir pihak pengelola pulau sudah mempersiapkan tempat khusus bagi kamu yang ingin bermalam atau menginap di dalam Pulau Dutungan. Tarifnya berbeda-beda tergantung tempat yang ingin digunakan, apakah hanya bale-bale (Gazebo) ataukah rumah adat bugis. Budget yang diperlukan sekitar Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 1.500.000.






Pihak pengelola juga tidak membatasi pengunjungnya ingin membawa apa ke dalam Pulau, dengan catatan tidak bersifat merusak ataukah mengganggu pengunjung yang lainnya. Bagi yang ingin membawa tenda sendiri, bawa ban, bawa gitar, speaker musik, rantang berisi makanan, semuanya sah-sah saja. Tapi tetap menjaga keindahan dan kebersihan tempat tentunya.

Aku saja sudah menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat yang harus dikunjungi setiap tahunnya. Sejak 2017, sampai 2018. Karena selain bisa menghabiskan waktu seharian penuh bersama teman-teman dari pagi sampai malam, suasana alamnya juga terlalu membuat pengunjung merasa nyaman. Bahkan dengan bermodalkan bale-bale yang disediakan disetiap sudut-sudut tertentu di Pulau, pengunjung bisa menikmati indahnya laut dan matahari yang terbit dan terbenam.

Budget yang harus kamu siapkan tidak terlalu banyak. Dibandingkan dengan kepuasan yang kamu dapat, itu sangat-sangat worth it. Yaitu dari tiket masuk Pulau Dutungan Rp. 50.000 perorang, sewa tempat Rp. 500.000, dan makanan dan minuman Rp. 250.000. Total budget Rp.750.000 (sewa tempat dan makan) itu sudah dapat memenuhi 5 sampai 10 orang. Diluar dari tiket masuk biaya sendiri yaitu Rp. 50.000. Tapi kalau kamu mau low budget, bisa patok saja pengeluaran satu orang itu: Rp. 50.000 tiket masuk tambah Rp. 30.000 untuk makan, dan Rp. 20.000 untuk minum. Jadinya satu orang hanya butuh keluarin budget Rp. 100.000 saja.

Pengelola Pulau Dutungan juga menyediakan tempat nongkrong yang cukup luas dan siap menampung para pengunjung pulau. Disediakan berbagai jenis makanan dan cemilan juga minuman. Semua tempat warung makan juga dapat mempertukarkan satu jenis menunya dengan tiket masuk yang dipegang para pengunjung tadi. Jadi selain dapat ditukarkan dengan fasilitas wahana Banana Boot, pengunjung juga dapat menukarkannya dengan satu jenis minuman yang ada di warung makan.


Untuk mengelilingi pulau sendiri yang luasnya sekitar 90 hekter, paling tidak membutuhkan waktu kurang lebih dari setengah jam. Kamu akan merasakan sensasi panaroma yang kaya dengan keindahan alam. Meskipun mungkin terkadang panas terik matahari begitu cukup untuk menghangatkan pasir di pesisir pantai dan air laut yang tergenang, tapi itu akan memberikan sensasi tersendiri bagi para traveler. Setelah asik bermain air dan berpanas-panasan seperti orang barat, kamu bisa singgah di beberapa tempat makan atau warung atau cafe yang ada di dalam pulau, yang tentu juga menampakkan suasana yang nyaman sembari menikmati lezatnya hidangan ala restoran. Bagaimana tertarik untuk berkunjung?



Post a Comment

15 Comments

  1. Pulau Kayangan sudah pindah ke Barru yah? Bukannya Pulau Kayangan ada di Makassar yang jembatan penyeberangannya ada di depan Benteng Jumpandang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayangan di judul ini hanya sebagai metafor kak, bukan mengacu wisata pulau kayangannya Makassar 😌

      Delete
  2. Saya juga ada wishlist ke sini, mau dong kak di ajak kesini rame-rame biar hemat pengeluarannya.

    ReplyDelete
  3. lebih murah jika bareng teman yah karena biayanya bisa dibagi rata hehe. Kalau mau ke sini memang lebih cocok bergroup daripada solo hehe

    ReplyDelete
  4. Luamayan sering melintas di Jalur Makassar-Pare Pare nadk melihat plan masuk ke pulau Dutungan. beberapa kali rasa penasaran untuk menjejakkan kaki ke Dutungan nyaris terpenuhi. Semoga di lain waktu

    ReplyDelete
  5. Kalau ingat Pulau Dutungan jatohnya malah bukan senang2 buat liburan, tp teringat kembali tempat praktek mata kuliah, pulaunya memang indah, tp kurang bisa dinikmati krn terlalu sibuk mengambil data

    ReplyDelete
  6. Saya jarang banget berwisata alam kayak gini. Pengen juga sesekali...
    Apa biaya masuk Rp.50.000 itu sudah termasuk biaya menyeberang dengan kapal? Soalnya gak ada saya baca biaya sewa kapalnya untuk ke pulau itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan tiket masuk maksudnya masuk ke pulau, sekaligus nyeberang

      Delete
  7. Sama sekali belum pernah kepulau pulau tersebut 😂 eh pernah sih kepulau tapi kesamalona aja sama pulau cambang cambanh yang ada dipangkep. Itupun karena tugas 😂

    ReplyDelete
  8. Wah bisa jadi destinasi nih nanti sekalian ajak teman-teman juga. Pengen banget liat pantai:(

    ReplyDelete
  9. Tawwa, diberdayakan mi pulau Duttungan di? Soalnya setahuku dulu nda begini pi.

    Mudah-mudahan memberi dampak positif untuk masyarakat lokal. Biar tidak hanya para pendatang yang menikmati keindahannya dan meneguk keuntungan.

    ReplyDelete
  10. Baru tau kalau Barru juga punya pulau wisata yang bagus, bisa nih jadi salah satu next stop kalau mau ngetrip sama teman.. Makasih kak

    ReplyDelete
  11. Hemat yah kalau pergi rame2 cuma patok 100/orang..view juga ok, ,kalau pengen ketengan, kayak pulau kayangan ini cocok untuk dikunjungi. .

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat sekira tahun 2013 pernah ke Pulau Dutungan ini dan nginap semalam di sana bareng teman2 alumni SMAku. Cuma waktu itu gak tau harga tiket masuknya berapa soalnya ada temanku yang tanggung. Btw kayaknya pemanadangannya makin keren ya jadi pengen ke sana lagi deh

    ReplyDelete
  13. Wah info bagus nih. Saya baru dengar Pulau Dutungan ini. Tapi tempatnya lumayan jauh juga ya, di Barru.

    ReplyDelete