Berbagi Keberkahan Setiap Hari Jum'at

Header

header adsjavascript:void(0)

Berbagi Keberkahan Setiap Hari Jum'at

Aktifitas pemuda-pemudi yang ada di Makassar, bukan hanya seperti yang terlihat viral di berbagai media. Demo yang anarkis, tindak kriminal, dan negative stereotype lainnya. Ada banyak komunitas-komunitas dan kelompok pemuda yang ada di Makassar yang bergerak di bidang social care. Selain kegiatan-kegiatan sosial yang sering dilaksanakan oleh organisasi internal yang ada di kampus, komunitas-komunitas lain yang ada di Makassar pu ada yang khusus membentuk sebuah wadah yang menyalurkan kepedulian sosial kaum muda kepada lingkungan sekitar. Seperti halnya Sijuber (Nasi Jum'at Berkah) Makassar.

Sijuber Makassar pertama kali muncul saat hari Jum'at awal di bulan Ramadhan tahun lalu, 2018. Beranjak dari sekumpulan pemuda-pemudi yang masih berstatus sebagai Mahasiswa, memulai untuk membentuk komunitas sosial yang dapat membantu meringankan beban bagi warga yang terlihat kurang mampu dan kurang berkecukupan. Dari sejak awal terbentuknya, teman-teman dari Sijuber Makassar rutin setiap pekannya berbagi kepada orang-orang di lokasi tertentu. Awalnya hanya membagikan takjil, selanjutnya mereka lalu berbagi makanan kepada orang-orang pinggiran, dan orang-orang yang ada di jalanan. Tentu jika anda tinggal di kota Makassar, pasti tidak asing dengan suasana peminta-minta yang ada di pusat-pusat kota, pemulung dan pengemis yang melintasi pinggiran jalan raya, dan orang-orang pinggiran kota yang mencari sampah-sampah plastik di setiap tempat sampah yang dilihatnya.


Gerakan sosial yang terbilang kecil dari teman-teman komunitas Sijuber Makassar ini mungkin terlihat kecil, tapi keikhlasan dari teman-teman tentu membuatnya memberikan pengaruh yang cukup besar. Karena ada satu hal yang membuat gerakan sosial dari teman-teman Sijuber Makassar ini yang patut diapresiasi. Yaitu melakukan aktifitas sosialnya secara rutin dan kontinu. Setiap hari Jum'at, mencari keberkahan.

Tidak hanya bergerak sebatas berbagi makanan saja, Sijuber Makassar juga seringkali turut membantu korban bencana, berkunjung ke tempat-tempat yang terbelakang dan orang tua yang hidup sebatang kara, memberikan edukasi terhadap anak-anak yang tidak dapat menjangkau ruang pendidikan, dan gerakan sosial kecil-kecilan lainnya. Jika dilihat sekilas, gerakan sosial seperti ini ada banyak yang sering melakukannya. Tapi dengan konsistensi yang dilakukan teman-teman Sijuber Makassar, tentu menjadi suatu nilai tambah sendiri bagi mereka. Karena aktifitas sosial yang seringkali dilakukan kaum muda, terutama Mahasiswa yang aktif di kampus terkadang sifatnya hanya momentuman saja. Seperti Bakti Sosial, dimana hanya dilakukan paling tidak sesekali dalam setahun. Paling mentok juga 1, 2 atau 3 hari waktu pelaksanaan. Tapi aktifitas yang rutin berbagi keberkahan setiap pekannya tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi komunitas Sijuber Makassar. Dengan kontinuitas seperti ini, perlahan-lahan mestinya menjadi pemantik terhadap kaum muda yang ada di Makassar, dengan menggencarkan gerakan sosial yang sifatnya tidak hanya momentuman saja dan sekedar menggugurkan tanggung jawab. Tapi memang betul-betul berasal dari sikap kepedulian sosial terhadap sesama.



Anda juga dapat melihat aktifitas terkini dari Sijuber Makassar melalui jejaring sosial Instagram dengan mengikuti akun @Sijubermks.

Aktifitas sosial yang dilakukan teman-teman Sijuber Makassar ini tentu patut diberi apresiasi. Karena cukup jarang teman-teman yang masih muda yang ingin meluangkan waktunya untuk hal-hal yang kelihatannya diluar dari tanggung jawabnya secara personal. Dengan pergi melihat dan mengunjungi orang tua yang sudah tidak memiliki orang-orang terdekatnya lagi, berbagi ilmu dan pengetahuan bersama dengan anak-anak yang putus sekolah, dan berbagi kenikmatan hidup kepada orang-orang pinggiran. Kegiatan sosial seperti ini harusnya bisa memberikan semangat baru bagi pemuda-pemudi yang ada di Makassar dengan tidak pernah berhenti untuk saling tolong menolong dan peduli kepada sesama dan lingkungan sosial.

Post a Comment

8 Comments

  1. Wah satu lagi kegiatan kreatif anak Makassar di bidang sosial.
    ini hampir sama kayak Berbagi Nasi Makassar ya, bedanya cuma hari dan jamnya.
    Kalau Berbagi Nasi Makassar biasanya akhir pekan dan malam hari atau pagi hari, ini di hari Jumat.

    apapun, tujuannya sama. berbagi

    ReplyDelete
  2. apapun bentuknya, sederhana ataupun rumit, kecil atau besar berbuat kebaikan rasanya selalu berhasil menjadi semacam healing bagi manusia, salut buat anak muda yang bergerak dalam kegiatan Jumat berkah,

    ReplyDelete
  3. Banyak sekali mi saya temui anak muda Makassar yang luar biasa sejak aktif ngeblog. Komunitas yang menggerakkan jiwa relawan beberapa mi Saya temui, sebagian dari penggeraknya juga bergabung di AM. Beberapa juga sudah Saya bahas di blog.

    Sijuber Makassar ini makin menambah khazanah anak muda luar biasa di Makassar. Oya apa kepanjangannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi Jumat Berkah kak, ada ji di muat ditulisan 😌

      Delete
    2. Oalah saya lewati tadi waktu membaca, lompat ka' di paragraf berikutnya. Mau baca teliti lagi deh :D

      Delete
  4. Kegiatan yang mulia sekali nih, dan harus didukung atau dibuat kegiatan serupa oleh komunitas lainnya.

    ReplyDelete
  5. Kegiatan yang inspiratif sekali. Tentunya juga membawa berkah ya kak. Di kota kelahiran saya juga ada kegiatan seperti sijuber Makassar ini.

    ReplyDelete
  6. Gerakan keren ini. semakin banyak yang berbagi semakin banyak yang memahami bahwa hidup bukan hanya seputar kita saja.

    ReplyDelete