Tetap Asik Berkuliah Meskipun Sambil Berpuasa

Header

header adsjavascript:void(0)

Tetap Asik Berkuliah Meskipun Sambil Berpuasa

Godaan dan cobaan saat berpuasa, pastinya makin berat nan susah apalagi dibarengi saat saat berkuliah. Greget kuadrat jadinya. Mana ada godaan napsu mata, napsu mulut, ampe napsu birahi. Astagfirullah, istighfar bang, istighfar. #Asem

Hidup sebagai mahasiswa emang dari awal udah berat, jangankan bulan Ramadhan, bulan biasa pun para mahasiswa udah terasa tercekek kek berpuasa. Mau gimana coba, jadwal kuliah yang padat, istirahatpun jadi kesumbat. Tugas yang dari kemarin belum kelar-kelar, mata pun sayu-sipu-malu ampe melar-melar. Perut yang lapar tetep aja kosong, ampe semua udah setengah kelar, baru deh diisi dikit pake lontong. Itulah mahasiswa, sengsara dan merana. 

Nah, memasuki bulan Ramadhan, biasanya beban hidup sebagai mahasiswa jadi berkurang dikit. Iya, dikarenakan efek dari berpuasa itu sendiri. Iya serius ini.



Mulai dari dosen yang dahulunya galak tiba-tiba jadi ramah karena efek puasa. Ampe temen yang jadi budiman dan berakhlak mulia yang mau pinjemim duitnya dikala tanggal tua melanda, itu juga karena efek puasa. Kerenkan? Makanya, kuliah sambil puasa tuh tetep asik kok. Karena lo tetep bisa

Ngabuburit
Yoi, ngabuburit merupakan pekerjaan orang-orang yang lagi kosong/gak ada kerjaan dan menunggu saat-saat menegangkan dalam hidup. Yak, berbuka. Setelah capek kuliah seharian, bagus nih lo ngajak temen-temen ngampus buat ngabuburit bareng, itung-itung ibadah nih, silaturahmi, kalo gak punya temen yah sama keluargalah, paling tidak lo bisa ngabuburit bareng adek ataukah kakak. Kalo gak punya, yah lo ajak gebetan baru lo gih, buat ngabuburit bareng. Lumayan nih, timing yang tepat buat lo biar bisa makin deket lagi ama gebetan, keluarin duit dikitlah buat bayarin takjil, itung-itung tuh takjil bisa lo jadiin bahan modus, kek

"Gue mah gak butuh takjil kalo buka, ngeliat senyum kamu aja udah cukup manis kok terasa buat aku". *Sambil nunjuk mas penjual takjilnya
"Hmm... Kamu bisa aja, hehe.." *sambil nyubit-nyubit pipi mas penjual takjilnya

Gebetan gak punya juga? Gak papa, hidup miris bukan cuman lo yang rasa, nikmatin kesendirian lo, nyaman kok.

Biasanya kalo lagi timing-timing ngabuburit, ada acara-acara klasik tuh di tempat-tempat tertentu. Misalnya dipinggir pantai, di taman-taman, atau di makam pahlawan. Coba deh lo telusuri kompleks rumah lo, dari pada ngabuburit terasa sendiri, yakan? Mending lo cari event-event menarik, siapa tau ada, iya siapa tau ada jodoh *eh. Kalo gak ada, yah mau gimana lagi, untung tak dapat di tolak, nasib mau tak mau harus bertindak. Lo ngabuburitnya sendiri aja, coba deh sekali-kali nikmatin kesendirian lo, nyaman kok, serius. Kalo gak tahan, cukup lambaiin tangan di bawah meja, ada Valak tuh.

Bukber
Capek kuliah seharian, naik turun tangga, gonta-ganti ruangan dan dosen pengajar. Nah gak terasa donk, waktu berbuka udah menjelang ketibaannya. Lo bisa manfaatin moment-moment ini untuk berbuka bersama temen-temen kampus lo. Paling tidaklah berempat atau bertiga. Karena moment-moment kek gini tuh seru banget, apalagi kalo lo lagi bokek, nah pada kesempatan ini, lo bisa nyempilin celotehan islami untuk mengelabuhi kepelitan orang.

"Waduh gue lupa bawa duit nih, bayarin dulu yak, itung-itung sedekah. Yak."
"Hadeh, iyalah tapi ganti ya, awas lo, gue catet nih utang-utang lo semua."

Paling tidak, kalian saling berbagi, berbagi utang.

Tarawehan
Sholat Tarwih, selain terhitung ibadah, juga sebagai wadah untuk silaturahmi. Iya, biasanya kita nih kalo ke Masjid untuk Tarwih, biasanya kita ketemu ama sederetan orang yang jarang kita temui lagi di masa hidup sebelumnya. Yak, maksud saya adalah kenalan/teman lama. Nah, apalagi kalo dia itu gebetan lo sewaktu SD yang gak jadi lo tembak gara-gara beda tempat sekolah. Seru abis kan!? Lo bisa nostalgiaan lagi, terus lanjut PDKT-an, terus to the point deh. Paling ujung-ujungnya status dia ternyata sudah terjalin LDR-an. Jodoh gak bakal ketuker kok, tenang aja.

Karena Tarwih biasanya dibarengi ceramah singkat sebelum beranjak ke acara Sholat Tarwih, disinilah orang-orang biasanya nyempilin waktu buat cerita-cerita dan ngobrol-ngobrol. Padahal kan harusnya ngedengerin ceramah, paling tidak hargain lah pendakwah yang berceramah didepan. Biasanya gitu kan? Budaya.

Sahur sambil ngerjain tugas
Dimana-mana itu, yang namanya tugas kuliah pasti suka numpuk-numpuk kek kerupuk. Iya, kalo kalian Mahasiswa pastilah sering ngerasain gimana perjuangan dalam pembebasan stres yang melanda dunia perkuliahan dikala tugas-tugas kuliah tak kunjung habisnya menyerang. Kata-kata bijak pun berdatangan.

"Makanya ngerjain tugas jangan ditunda-tunda."
"Perlu kemampuan dalam manajemen waktu agar hidup bisa teratur."

Eh, lo pikir hidup orang cuman ngerjain tugas perkuliahan aja? Setiap orang punya kehidupannya sendiri diluar kampus, mereka punya keluarga, mereka punya teman, mereka punya urusan pribadi. Ngasih tugas ya sewajarnya ajalah, emangnya robot? Bisa ngerjain semuanya gak kenal lelah? #BOOM

Ketika sahur disubuh hari, biasanya waktu subuh tuh waktu tenang-tenangnya nih, suasana adem-tenang-damai-tentram-aman-sentosa. Secara psikologis, pikiran jadi lebih jernih dan lebih clear disaat seperti ini. Nah, diwaktu inilah, lo bisa nyempilin sedikit waktu untuk ngerjain tugas yang belum terselesaikan, daripada tidur, kan mubazzir waktu. Ini sekedar tips, jangan mengerjakan sesuatu dikala pikiran terasa terbebani. Itu membuatnya jadi bekerja kerasa sekeras keras mungkin. Jadi, abis sahur, sempatkan waktu untuk nyelesaiin tugas, abis itu ambil wudhu terus sholat, kalo tugasnya belum kelar, yah di selesaiin. Nanti kalo udah kelar, sempatin lah stalking Instagramnya sang gebetan baru. Biar lo dapet aura-aura penyemangat hidup, begitu. Awali hari dengan senyum kebahagiaan. *meskipun terkesan miris sih.

Istirahat siang
Tidur beristirahat disiang hari, terhitung ibadah dibulan Ramadhan, tapi tidurnya jangan ampe Asar juga, tau diri. Istirahat siang juga terbukti dapat mengembalikan kebugaran dan kesegaran meskipun hanya penyamaran. Nah, dikala besok ada jadwal Final dengan tiga Mata Kuliah dengan pengawas Lv. 9. Tidak ada salahnya untuk beristirahat disiang hari untuk persiapan besok. Setelah istirahat siang, malamnya begadang, nonton bola, abis nonton bola lanjut sahur, abis sahur, sholat subuh, ngantuk terus tidur deh. Nyenyak, ampe Asar. Kamupun tidak jadi ikutan Final. Yey!

Nonton bola
Waktu perantara malam dan subuh, biasanya di jadikan wadah untuk begadang. Entah karena lagi pengen nonton, ataukah lagi gak kepengen tidur = gak ngantuk, atau mungkin karena gak ada kerjaan aja = kosong, ya jadilah begadang. Begadang merupakan salah satu skill yang paling dikuasai seorang Mahasiswa. Mau gimana coba, hampir semua aspek dalam hidupnya selama perkuliahan membuatnya terpaksa untuk begadang. Mulai dari tugas, sampe pacar yang ganas. Iya, pacar yang ganas = yang kalo nelpon ampe berjam-jam masih aja dilanjutin. Iya, pacar yang ganas = yang kalo marahnya itu di jam-jam malam - tengah malam. Iya, pacar yang ganas = yang kalo keluar jalan, ampe jam satu maam pun masih gak pulang juga. Emank ada pacar yang kek gitu?

Jualan
Kegiatan transaksi yang di namakan jual beli pastinya tidak asing donk bagi mahasiswa. Terkadang seorang mahasiswa pengen banget membuka dan memulai usaha berbisnis namun gak bisa-bisa dikarenakan budget yang minim. Nah di timing-timing Ramadhan ini, lo bisa memulai usaha dalam mencari rupiah dengan cara jualan Takjil keliling kompleks. Iya, jualan ginian gak perlu budget mahal-mahal kok. Yang lo perlu hanyalah kepercayaan diri yang tinggi, Insya Allah laku, yang penting Ikhlas. Dah, itu aja.

Jadi menurut lo, mana yang lebih asik? Kuliah sambil Puasa, ataukah Puasa sambil Kuliah? Komen gih.

Post a Comment

2 Comments

  1. semangat gan kuliahnya. saya juga puasa2 tetap di kampus, padahal udah libur.
    btw, salam kenal. baru pertama kesini

    ReplyDelete