3 Hal Yang Tidak Terlepas Dari Pelajar Saat Musim UN

Header

header adsjavascript:void(0)

3 Hal Yang Tidak Terlepas Dari Pelajar Saat Musim UN

UN merupakan salah satu peristiwa alam yang agak cukup lumayan sakral di Indonesia. Katanya moment ini tuh penentu masa depan para pelajar. Makanya dalam mengerjakannya sangat butuh kekhusyukan, kekonsentrasian, keimanan, ketabahan, ketenangan, dan keseriusan. Iya, kek kalo lagi beribadah gitu, misalnya lagi sholat nih. Harus khusyuklah sholatnya biar diterima. Sama persis ama soal UN, ngerjainnya harus khusyuk. Kalo gak khusyuk gak keterima. Ibadah seperti sholat, kalo cara ngerjainnya gak khusyuk, ibadahnya gak bakal keterimakan ama Tuhan Yang Maha Esa. Sama ama UN ini. Coba aja, kalo lo lagi ngisi lembar jawaban UN. Terus lo gak khusyuk ngisiin. Misalnya nama lo Bambang. Misalnya nih, tapi dilembar jawaban lo tulis Bimbang, kan baper jadinya. Gara-gara lo gak khusyuk, jadi deh lembar jawabannya gak keterima. Pengawas kan jadi ikutan bimbang juga, ah lo sih.

Jadi ngerjain UN tuh juga harus khusyuk ya. Biar semuanya makin terasa jelas, seperti kamu ama aku. *eh


Tapi di Indonesia, UN merupakan hal yang agak cukup sakral bagi para kaum pelajar. Iya, ternyata ada 3 hal yang bener-bener gak terlepas dari para pelajar saat musim-musim UN. Jadi, gara-gara UN para pelajar Indonesia langsung berubah derastis.

1. Langsung Taubat

Jadi gara-gara UN tuh para pelajar, yang kemarennya demen tawuran, gak temen gak bukan temen semuanya dihajar. Brutal, binal, nan ganas. Tiba-tiba menjelang UN, mereka pun langsung taubat. Taubat nangis-nangis gitu, merintih sambil jilatin kaki gurunya dan berkata,,,

"Bu, gue gak bakal nakal lagi bu. Gak bakal bolos lagi, mulai besok gue bakal rajin kesekolah bu. Mohon bu bantu saya biar bisa lulus UN nanti ini ya Bu. Kalo saya gak lulus saya mau kerja apaan Bu. Kasihan anak saya Bu." *Loh? Kok?*

Lah? Lo udah taubat? Mulai besok lo bakal rajin kesekolah? Yaiyalah, kan besoknya lo udah mulai UN. Lo sekolah gak cukup seminggu lagi. Taubat yah jangan nanggung-nanggung gih. Taubat yah taubat aja, jangan cuma karena kepepet doank. Kan gak enak juga. Malu mah ama Tuhan.

Yahh.. gitulah pelajar Indonesia, pengen senang tapi gak mau susah. Gue yang dulunya cuma punya satu tempat nongkrong ketika jaman masih SMA baca:warnet. Tapi semuanya berubah, semenjak UN menyerang perempatan sekolah. Isu-isu miring menghasut seluruh jiwa dan raga. Para pelajar pun ngebela-belain buat ikut bimbingan belajar. Dari pagi ampe pagi lagi. Seharian belajar, capek? Ya gaklah. Paling otak mendidih 56° fahrenheit. Saking sadisnya perpaduan antara rumus momentum dan gaya gesek. Iya, momentum kenangan dan gesekan cinta kita. #Baper

Makanya kalo mau anak lo langsung taubat, nah tinggal ketemuin aja ama musim UN. Pasti work.

2. Langsung Rajin Beribadah

Ketika udah menjelang UN tuh ya. Anak-anak langsung pada rajin ibadah. Jangankan shalat ama puasa. Ibadah haji pun disanggupin. Biar sempurna gitu, imannya.

Lo bisa ngadain survei disekitar Kompleks rumah. Lo itung nih, anak-anak yang sering shalat di masjid, apalagi shalat maghrib tuh. Nah sekarang lo bandingin lah hari-hari biasanya, dan hari-hari dimusim UN nya. Pasti bedakan? Beda massa anak-anaknya, yang nangkring shalat di masjid? Kalo enggak beda, berarti kompleks lo butuh ruqiah massal deh kayaknya. Besok lo laporin Pak Lurah gih, biar rakyat disana diruqiah semua. Biar pada taubat. Lo juga termasuk.

Iman memang cukup diperlukan dalam proses perjuangan menempuh kesuksesan, Edison bilang, "Sukses itu 1% Iman, dan 99% kerja keras." Makanya gak salah lah kalo saat menjelang UN, lo lo pade, langsung tiba-tiba rajin shalat. Dari shalat lima waktu ampe tahajjud. Padahal gak tau bacaannya. Yalah, namanya juga taubat kepepet. Maklumin aja.

3. Langsung sanggup Bernazar

Niat merupakan hal yang cukup sangat memengaruhi dalam hal mengerjakan sesuatu. Nazar pun jadi hal yang menjamin keteguhan hati seseorang dalam target pencapaiannya. Misalnya, kalo lulus UN nanti, nazar pengen sedekahin duit 5 juta untuk korban gaza misalnya. Ataukah kalo lulus UN nanti, pengen puasa sebulan penuh, tar ujung-ujungnya gak sanggup juga..

Akhirnya nyerah, ngeluh. Padahal Tuhan sudah mengabulkan permintaannya untuk lulus UN, tapi dianya gak sanggup menuhin janji. Puasa sebulan aja gak sanggup, malah minta diskon seminggu. Lo pikir pakaian musiman? Minta diskon? Janji puasa sebulan, minta diskon seminggu. Mata mu soek!

Makanya jangan sok-sok an. Niat sana niat sini. Janji sana janji sini. Ujung-ujungnya php. Lo pikir enak di php-in? Hah? #Baper


Jadi kalian? Sewaktu bocah? Juga ngelakuin 3 hal diatas kan? Atau ada hal lain, leave comments.

Post a Comment

5 Comments

  1. Oke gua ngelakuin semua hal yang disebut diatas, parah sih emang.Seengganya udah usaha untuk mendekatkan diri dengan tuhan wkwk

    ReplyDelete
  2. Baca tulisan ini keinget momen UN 7 Tahun lalu

    www.semesta-berbicara.com

    ReplyDelete
  3. Hahaahaa tobatnya cuma pas un. Hbs un jadi penjahat lagi hahaa

    ReplyDelete