Tutorial Pintar Basa Basi

Header

header adsjavascript:void(0)

Tutorial Pintar Basa Basi

Basa basi. Ini merupakan metode yang cukup keren untuk memulai sebuah percakapan. Entah itu ama orang yang mau lo ajak kenalan, ataukah kalo lagi marahan ama pacar lo, dan juga kalo mau minta sesuatu dari ortu, bahkan kalo lagi berada di situasi yang awkward. Pasti metode basa basi merupakan jurus yang cukup ampuh untuk mengatasinya. Tapi gak usah terlalu kebanyakan basa basi juga, biar situasinya gak berubah jadi basi. Basi maksudnya nge-bosenin gitu. Karena disamping itu semua, ada juga loh orang yang gak suka basa basi tapi langsung to the point aja kalo ngomong. Tapi menurut gue ngomong langsung to the point tanpa basa basi terlebih dahulu itu, bagaikan makan buah tanpa dicuci dan dibersihin dulu. Gak tau kalo buah itu abis jatuh dari got, ataukah mungkin beli buahnya di pasar tapi gak tau kalo penjualnya suka ngupil, korek telinga, ama garuk-garuk ketek. Setelah beli, buahnya langsung dimakan aja tanpa dicuci dulu. Kan gak menyakinkan gitu yah, selut-belut dan lika-likunya kek gimana. Jadi menurut gue basa basi itu memang cukup diperlukan untuk hal bersosialisasi.



Basa basi sendiri katanya bisa mengungkapkan sebuah kebohongan loh. Iya, Jadi kalo lo berbasa basi, katanya lawan bicara lo akan mengutarakan yang sebenarnya alias jujur. Jadi basa basi ini emang fungsional banget yah. Artis, aktor, ama presenter juga suka basa basi dulu sebelum ke titik inti percakapan.

Untuk menguasai skill inipun butuh beberapa basic yang udah matang dalam hukum basa basi gue. Hukum basa basi dari gue itu berbunyi " Dalam menguasai skill basa basi diperlukan 3 unsur utama yaitu; Kepercayaan diri, Keluasan wawasan yang dikatahui, dan Kecerdasan dalam mengolah kata yang murni." Nah, klo ketiga unsur "K" tersebut udah merupakan hal yang bener bener udah lo kuasain. Yakin dan percaya lo pasti mudah melancarkan jurus basa basi. Seperti yang sudah tertera dalam bunyi hukum basa basi, yaitu diperlukan 3 unsur utama untuk menguasai skill berbasa basi.

Yang pertama yaitu, Kepercayaan Diri. Ini sangat jelas diperlukan. Kalo lo gak PeDe, gak punya keberanian dan nyali yang cukup untuk ngomong ama seorang cewek udah pastilah susah. Ngomong ama cewek cakep aja gemeteran, gimana kalo ama kuntilanak coba. Jadi Kepercayaan diri merupakan unsur utama untuk menguasai skill basa basi.  Percaya diri unuk ngomong ama seseorang.

Kamu:"Hai.."
Cwek:"..."

Yang penting PeDe!

Yang kedua adalah, Keluasan wawasan yang lo ketahui. Ini juga sangat perlu. Lo mau ngomong apa kalo wawasan lo hanya sekedar berdasar dari pelajaran yang disekolah aja. Lo juga mestinya harus tau apa yang terjadi disekitar, harus tau hal-hal yang umum, atau paling tidak lawan bicara lo ngerti what do we talking about. Gimana misalnya kalo cewek cakep yang ingin lo ajak kenalan itu anak IPS, dan lo ini nak IPA. Dan yang lo bisa ngomongin cuman hal-hal yang berbau kimiawi, terkesan matematis, dan terlihat biologis aja. Seperti "ehh sepatu kamu kotor, pasti banyak banyak bakteri yang mengendap. Gak tau bakteri jahat atau baik. Mungkin ada unsur CH3COOH dan H2SO4 nya. Jumlahnya akan semakin bertambah kalo gak segera dibersihkan." Dan tambahan "Sini aku bersihin." Nah, klo yang bisa lo omongin cuma teori-teori yang menurut si cewek ini gak penting dan gak jelas. Pasti yang dia bisa bilang cuma iya iya doank. Dan ekspresinya yang terpampang cuma bengong doank. Iya sih, mungkin disisi lain lo terlihat dan terkesan sebagai orang yang memiliki tingkat intelejensi yang cukup tinggi. Namun, nyambung nya dimana bro. Cewek yang lo ajak ngomong gak ngerti sama sekali soal Al Jabar, gak tau hukum pascal, dan juga unsur senyawa kimia yang terlalu begitu sangat rumit ditelaah secara harfiah. Yang dia ketahui hanya hal-hal geografis, kehidupan sosial, dan proses ekonomis. Jadi setidaknya, lo harus tau mengenai hal-hal yang umum dan yang sedang terjadi disekitar. Dan dengan pengetahuan umum, lo bisa memadupadankannya dengan wawasan lo tentang IPA. Seperti..

Kamu:"Kok Indonesia hujan mulu ya?"
Cwek:"Iya nih"
Cwek:"Kemarin juga, hujan seharian"
Kamu:"Yah, emang lagi musim hujan kali ya. Ehh, kamu tau gak kalo hujan itu mengandung unsur kimia yang memiliki namanya masing-masing."
Cwek:"Hah?! Gitu yah? Aku gak tau"
Kamu:"Iya, ada namanya H2O, CO2, NaOH, ama SO4"
Cwek:"Oh.."

Meskipun dalam tetesan air hujan itu sama sekali gak ada unsur NaOH ama SO4 nya. Kan dia juga gak tau. Yang penting lo udah dapet namanya si cewek itu. Di fase ini sangat diperlukan penjiwaan yang sangat tinggi untuk berekspresi dan menahan diri. Klo lo jatuh cinta ma cewek ini sejak pandangan pertma, sebaiknya lo jangan langsung ungkapin, tahan dulu. Kita menuju ke unsur "K" yang ketiga menurut teori gue, bunyi dari hukum basa basi.

Yang ketiga dan yang paling penting adalah kecerdasan dalam mengolah kata yang murni. Jika lo udah bisa berbasa basi dengan tekhnik dasar yang kedua yaitu dengan keluasan wawasan yang lo ketahui. Selanjutnya lo tinggal mengolah kata sedemikianrupa dan murni dalam percakapan. Kenapa harus murni? Biar lo gak terkesan ngecopy style orang lain.

Jadi setelah lo udah kenalan, lo talking with the lady like a boss. Trus tiba-tiba hati lo bilang "nih cewek cantik juga, gue mau ajak dia makan malem ahh..." Tahan dulu, tahan.. lo sebaiknya lanjut basa basi dulu. Karena di tahap ini lo harus tau diri, karena kebanyakan orang itu menilai sesuatu mulai dari luarnya. Meskipun udah sering denger kalimat don't see the book at the cover. "Jangan menilai orang dari luarnya". Memang sih penampilan bisa menipu, tapi dasarnya orang-orang di Indonesia, pada umumnya suka nilai orang dari penampilannya. Mulai dari tampangnya, performanya, stylenya, ampe gerak-gerik selut tubuhnya. Jadi klo penampilan lo masih terbilang sederhana, dan muka lo juga pas-pasan doank, dan duit yang lo kantongin cuman kembalian dari si abang tukang parkir. Mending lo lanjutin to the next level. Asal lo pinter mengolah kata, kelanjutan percakapannya akan srperti ini.

Kamu:"Kamu gak tau yah?"
Cwek:"Iyah, baru tau tadi."
Kamu:"Kalo kamu sendiri punya nama juga kan?"
Cwek:"Iya.."
Kamu:"Namanya siapa?"
Cwek:"Clara.."
Kamu:"Clara Maudy Chintya?"
Cwek:"Bukann, Clara Laudya Angelita."
Kamu:"Oh,, Clara Laudya Angelita. Keren yah namanya."
Cwek:"Ahh, biasa aja."
Kamu:"Ya, emank biasa aja sih"
Cwek:"Iya, kan udah dibilang"
Kamu:"Namanya biasa aja, tapi orangnya luar biasa cantiknya."
Cwek:"Ihh.. gak juga kok"

Nah, klo cewek yang lo ajak kenalan udah mulai senyam senyum ma kamu dan sedikit tertawa kecil. Dia pasti mulai berpikir kalo lo itu orangnya asik. Kan lo udah punya namanyai. Langsung minta nopenya, ama pin BB sekalian. Ama ininya juga, akun sosmednya yang lain. Path, Twitter, Facebook, Beetalk, atau apalah. Yang jelasnya akun sosmed. Biar lo bisa makin deket gitu. Saran gue, sebaiknya setelah ini, lo jangan langsung ngajakin dia kencan kek difilm-film. Baru ketemu udah ngajak kencan aja. Yang ada, lo malah disangkain penjahat kelamin. Pasti kelanjutan convertationnya jadi gini...

Kamu:"Ntar malem free ya?"
Cwek:"Ya..
Kamu:"Mau gak, dinner bareng gue."
Cwek:"Uhh.. maaf, lupa. Ntar malem mau ngerjain skripsi, udah deadline soalnya. Besok udah harus dikumpul, lain kali aja yah. Sorry hihi"

Lo pasti bingung, karena besoknya kan hari minggu. Cewek ini sebenernya nolak ajakan lo secara halus. Karena dia pikir lo itu penjahat kelamin. Yang bertampang mesum. Asli mesum. Makanya, gak usah ngajak dinner dulu. Tabung aja dulu duitnya, buat naik haji.

Jadi itulah, sekedar tekhnik kukik untuk berbasa-basi. Semoga bermanfaat. Gak bermanfaat ya? IDGAF!!!

Post a Comment

8 Comments

  1. bermanfaat sekale bro! keren dah entar gue praktekin ke cewek yang gue suka

    ReplyDelete
  2. ah, aku termasuk yang ga suka basa basi busuk :)) ibaratnya ga bisa lo samain sama buah yang ga dicuci ^^

    ReplyDelete
  3. Bisa juga nih. Besok dipraktekin deh hehe

    ReplyDelete
  4. Kamu:"Hai.."
    Cwek:"..."

    itu bukan cewek! itu Limbad! Disapa malah diem aja..

    ReplyDelete
  5. Kyahahahahaha basa basi. Dicobalah ntar.

    ReplyDelete
  6. wih. keren nih. bisa banget dicoba. gua orangnya suka to the point soalnya. tapi soal kepercayaan diri, kayaknya gua kudu banyak latihan deh. suka grogi kalau ketemu cewek cakep.

    btw, blog lo berat banget ya. coba deh dikurangi widget yang kurang penting. hehe

    ReplyDelete
  7. wah basa-basi ada turitorialnya e, gue cobalah nanti

    ReplyDelete