Tipe - tipe Teman di Sekolah

Header

header adsjavascript:void(0)

Tipe - tipe Teman di Sekolah

Teman merupakan unsur terpenting kedua dalam kehidupan setelah air.. ehh, maaf ngawur. Jadi gini, dalam lingkup sekolah tuh ya, khususnya lingkup pertemanan, pergaulan disekolah. Pastinya kita membutuhkan yang namanya teman untuk bersosialisasi, entah dilingkungan sekolah maupun rumah. Setidaknya setiap anak yang bersekolah, entah itu SMP, SD, ataupun SMU pasti memiliki yang namanya teman. Entah itu teman baik ataukah teman buruk. Teman setia atau tukang PHP. Teman kikir atau dermawan. Jujur atau pendusta. Apapun ciri dan karakternya, yang penting punya yang namanya teman.

Meski orang yang otodidak sekalipun, pasti punya teman, kek gue ini. Gue ini otodidak. Menurut gue, segala sesuatu yang dihasilkan dan diperoleh dari diri sendiri tuh sangatlah begitu fair. Seorang yang otodidaktuh emank secara harfiah gak terlalu butuh teman. Kek gue ini. Gak terlalu butuh teman, tapi orang yang butuh gue untuk jadi temannya. Tapi, manusiakan makhluk sosial, jadi memang selayaknya setiap individu berinteraksi dalam lingkup sosialita. Entah itu mutualisme, komensalisme, ataukah parasitisme. Guru gue bilang," jangan suka hidup sendiri, orang yang dalam hidupnya suka menyendiri itu patut dicurigai kenormalannya". Nah makanya jangan suka makan sendiri, dibagilah ama temannya dikit, biar bisa jadi amal ibadah.


Namun, tidak semua teman memiliki sifat yang konstan dan konsisten. Dari sudut pandangan saya, tipe-tipe teman tuh ada banyak macam seperti..

Si Rese
Dia ini rese, suka ngegangguin orang-orang disekitarnya. Kata-kata yang dia lontarkan juga terkesan rese. Orangnya cukup nyebelin gitu. Tapi asik juga diajak bercanda, meskipun emank rese tingkahnya. Tipe teman kek gini memiliki ciri khusus, yaitu egois. Sikapnya sok-sok an gitu, terkadang juga rasis. Orang ini biasanya gak mau kalah dalam perdebatan, karena dia ini konsisten.

Si Nanggung
Tipe yang ini mungkin gak terlalu penting, tapi suka kepo-kepo gitu dia. makanya nanggung. maksudnya gini. Tipe teman yang ini tuh gak terlalu mengenal kita luar dalam. Bisa dibilang kita berteman hanya sekedar kenalan doank, jadi kalo ngomong ama tipe teman yang kek gini biasanya bikin situasi jadi canggung gitu, awkward moment.

Si Absurd
Absurd. Ya absurd. Orangnya absurd. Absurd itu apa ya? Buka kamus gih, terus cari kata Absurd. Atau googling aja biar gak ribet.

Si Bandel
Anak yang bandel-bandel biasanya suka rush gitu, rese juga orangnya. Kurang ajar. Tapi meskipun mereka ini Nakal, Bandel, Kurang ajar, pasti mereka tetap memiliki hati nurani. Jadi tipe ini bisa termasuk dalam kategori teman yang baik dan teman yang buruk. Kalo dia ini tipe teman yang emank bandel plus jahat kek anak yang tidak berpendidikan. Karakternya kurang ajar, nakal, pecandu, rese, rasis, sok jagoan, tukang rusuh, tukang berantem, tukang judi, dan tukang gali sumur. Maka dia ini mendominasi ke sifat buruk. Namun, kalo dia ini bandel, nakal, kurang ajar, suka bolos, dan pecandu juga, tapi perhatian, suka menolong, rendah hati, baik hati, dan tidak sombong. Maka dia tergolong teman yang bandel tapi baik hati.

Si Saleh
Saleh, istilahnya anak alim-alim gitu. Teman yang saleh maksudnya saleh dari segi sifat, watak, dan tingkah lakunya. Bukan saleh dari segi nama dan garis keturunannya. Tipe ini biasanya cenderung gak terlalu overaktif dan overtalking. Meskipun kadang-kadang overthinking. Dia ini suka menyangkut pautkan segala hal yang ada disekitar dengan syariat agama. Ekstrim atau tidaknya itu tergantung dari wawasannya mengenai agama. Tapi klo temen lo itu bapaknya Saleh, dia belum tentu termasuk dalam tipe ini, dia itu hanya termasuk dalam golongan anaknya pak haji Saleh.

Si Overfashion
Tipe yang ini agak sedikit gak tau diri. Tujuan utamanya kesekolah bukan untuk belajar, tapi cuma mau jadi primadona doank disekolah. Pelajaran dinomerduakan, gaya diutamakan.. ckckck..

Si Belagu
Yang ini ciri khasnya sombong, suka pamer, gak mau ngalah, sok-sok an, belagu gitu deh. Kalo lagi nongkrong ama dia, dia pasti suka ceritain hal yang begitu membanggakan dari dirinya. Gak mau kalah gitu dia orangnya. Mentang-mentang anak orang kaya, belagunya bukan main. Tipe yang ini kalo mau pamer punya trik-triknya tersendiri. Biar pamernya itu tetselubung, gak frontal.

Si Ngondek
Teman tipe ini selalu ada berserakan ditiap sekolah. Dia ini termasuk VIP VDP (Very Dangerous Person). Jadi setidaknya lo harus waspada ama tipe yang satu ini. Kecuali kalo lo demen ama yang begituan ya gapapa.

Si Tukang Ngadu
Tukang ngadu. Pecundang yang suka ngadu-ngadu. Entah itu ama guru, ortu, ataukah Tuhan. Kalo ama Tuhan sih sah-sah aja. Tapi kalo dia suka ngaduin segala hal yang terjadi dilingkungan sekitarnya, semua hal yang dia lihat dengan matanya. Entah itu ama kepsek, wali kelas, guru, OSIS, nyokap, bokap, kakak yang galak, ataukah omnya yang sangar abis. Pasti itu sangat menjengkelkan. Nyebelin banget gitu. Dikit-dikit ngadu dikit-dikit ngadu. Banyak-banyak napa, daripada dikit-dikit mulu. Dasar tukang ngadu.

Cabe-cabean & Terong-terongan
Ya.. gitu. Yang satu ini gak begitu jelas selut belutnya. Maaf.

Si Pintar Tapi Baik
Anak yang pintar dan baik diajakin berteman. Gak rese gitu, rendah hati dia nan dermawan

Si Pintar Tapi Egois
Anak yang pintar tapi gak terlalu asik diajakin bro-broan. Yahh.. egoislah.

Si Pelawak
Tipe teman yang kek gini asik diajakin ngobrol. Tapi kalo mau dilihat dari segikelucuannya, ini terbagi tiga tingkatan menurut versi gue. Kalo versi MBDC ada 4 penggolongan orang lucu. Tapi kalo menurut gue tingkatannya ada tiga level. Pertama tingkat amatir (amateur level). Yang ini lucu karena kelewat PeDe. Dia ini gak malu ceritain hal-hal yang sangat memalukan dalam hidupnya. Yang menurut lo lebih baik mati kelindes truk dari pada orang pada tau hal itu. Bahkan saking amatirnya, dia gak segan-segan ngelakuin hal yang juga terbilang sangat memalukan untuk dilakuin didepan umum. Kedua tingkat tenang nan santai (keep calm, stay cool level). Yang satu ini orangnya emank sedikit agak lucu. Tapi gak terlalu overaktif dan overtalking gitu kek si amatir. Dia ini cukup mahir ngelontarin joke dengan selera humor average. Dia ini orangnya santai-santai aja. Gak terlalu sensitif juga orangnya. Keep calm stay cool gitu. Ketiga tingkat dewa (profesional level). Kalo yang ini gak usah dibilang. Dia ini udah dewa, dewanya orang lucu. Kalo jalan, nongkrong, maen, atau liburan bareng dia. Pasti suasana ceria terus. Kalo udah dewa sih gak sok-sok gitu ya. Pokoknya dia ini dewanya orang lucu. Dia ini bener-bener lucu, bukan sok lucu.

Si Pendakwah
Tipe ini perhatian sebagai teman. Dia suka memberi nasehat, tausiah, dan siraman rohani untuk teman-temannya yang tercinta. *prok..prok*.

Si Polos
Orang polos itu jujur, orang jujur itu dipercaya, orang yang dipercaya itu jarang boong. Jadi tipe ini orangnya jarang boong. Bukan gak pernah, tapi jarang.

Si Rusuh
Lain ama Si Rese. Tipe ini biasanya sok-sokan. Sok asik lebih tepatnya. Makanya suka rusuh. Dia ini rusuh untuk apa? Yaa.. paling cuma untuk cari sensasi doank, biar eksis gitu. Biar dia terkesan asik gitu, enak diajak berteman, seru. Biar banyak yang mau berteman ma dia. Itu aja sih tujuannya dia suka rusuh.

Si Gila Urusan
Tipe ini cenderung kepo. Urusan orang-orang suka dia urusin. Gak tau napa. Suka banget gitu jadi orang yang terlibat dalam sebuah skandal.

Si Sok Jagoan
Yang satu ini deket ama Si Bandel. Namun tipe ini cuman ikut-ikutan doank jadi anak nakal, bad boy. Kenapa? Biar dia ini terlihat jagoan gitu orangnya. Anak nakal itukan suka diidentikkan ama kata jagoan. Makanya suka di aduin kek ayam ma jangkrik.

Si Penuh Perhatian
Ciri khas dari tipe ini adalah sifat rendah hati dan sifat bijaknya. Dia ini sebagai teman udah sangat perhatian, gimana kalo udah jadi pacar coba.

Si Sok Bijak
Tipe ini merupakan perpaduan antara tipe pendakwah dan tipe perhatian. Cuma yang ini versi sok-soknya aja. Sok bijaklah, ngertikan sok bijak?

Sok Tau
Yang ini suka nyolot kalo ngomong. Namanya juga sok tau, udah salah masih aja nyolot.

Sok Segalanya
Nah, udah terangkum semua nih di tipe ini. Dia ini udah sok cakep, sok kece, sok tau, sok cool, sok benar, sok bijak, sok jago, sok segalanya deh pokoknya. Telaah aja sendiri semua sifat sok-sok an.

Si Dermawan
Tipe yang satu ini keren, baik hati dia orangnya. Gak terlalu itung-itungan kalo soal duit. Dia punya banyak duit, tapi gak ada purposing nya gitu tuh duit mau diapain. Jadi disekolah, hobi teman tipe kek gini tuh suka traktir temen. Dia ini tau diri jadi orang. Kalo ke kantin bareng ma dia, dan ternyata lo lupa bawa dompet. Lo tinggal bilang aja, "wahh, dompet gue ketinggalan bro." Pasti responnya, "yaudah, biar gue aja yang bayarin." Meskipun lo bilang ke dia, "ya, ntar gue gantiin." Pasti ujung-ujungnya dia juga lupain kalo lo abis minjem duitnya. Kan dia orang yang dermawan, jadi diikhlasin ajalah.

Si Musisi
Musisi dari pandanga gue sendiri ada dua tipe. Yang perama yaitu soul musician. Gue gak tau tulisannya udah bener apa kagak yang jelas tipe ini jiwanya udah sangat melekat dengan musik. Kalo ngomong, cara ngomongnya itu ala-ala Saipul Jamil. Selalu ada alunan dan nadanya. Kalo ngomong dia juga suka analogiin berbagai hal dengan musik. Itulah. Yang kedua yaitu keep calm stay cool. Orangnya gak terlalu overtalking dan overaktif kek tipe yang pertama, tapi dia ini musisi juga. Hobi juga maen musik. Entah itu drum, gutar, piano, sruling, harmonika, ataupun kecapi. Yang jelasnya dia suka musik.

Si GaJe (GAK JELAS)
Tipe yang satu ini kalo ngomong suka gak jelas. Gak jelasnya ini gak rasional banget gitu. Kan ada juga teman yang diajakin ngomong dan omongannya itu rada-rada gak jelas gitu, tapi itu karena bahasa yang dia pake terlalu tinggi. Tapi lain halnya dengan tipe ini. Tipe yang ini, kalo ngomong emang gak jelas dari sononya. Gak reasonable gitu napa dia ngomong gak jelas. Kalo dia ngejoke juga sama aja, gak jelas. Tingkahnya juga gak jelas gitu. Mungkin tujuan hidupnya si dia ini juga gak jelas. Tapi dalam tongkrongan, tipe yang kayak gini tuh selalu ditunggu-tunggu untuk ngomong. Ditunggu untuk dihujat.

Si Korban MLM
Dia ini korban MLM. Lo harus kasihan ma dia. Tipe kek gini suka mimpi pengen cepet kaya. Dalam pikirannya itu, duit bisa didapetin dengan cara yang simple, mudah, cepat, dan instant. Padahal kalo mau sukses itu tetep butuh yang namanya kerja keras. Thomas Alva Edison bilang "Sukses itu 1% ilham, dan 99% kerja keras." Nah, telaah aja sendiri maksudnya om Edison itu gimana.

Si Hipster
Anak orang kaya yang gaya hidupnya lain dari biasanya. Hipster gituloh..

Si Geek
Yang satu ini adalah geek. Geek jenis apapun itu, yang jelasnya geek.

Si SocMed
Tipe temen ini gak terlalu suka bersosialisasi dalam realita. Mungkin dia ini anti-sosial, karena udah demen bersosialisasi melalui Social Media. Entah itu Facebook, Twitter, Path, ataupun Instagram.  Orang kayak gini lebih milih berteman lewat Social Media ketimbang Social Realita. Mungkin karena kalo lewat Social Media, kita gak perlu jauh-jauh buat pergi kerumah temen. Atau nongkrong di tempat yang ngebosenin. Jadi rasanya lebih asik aja gitu, nge-chat ma orang yang belum pernah ketemu. Yang gak jelas gitu, siapa tau dia ini cewek yang nyamar jadi cowok. Atau sebaliknya.

Si Pendiem
Tipe ini biasanya tau banyak, tapi bicaranya gak banyak. Orang kek gini punya prinsip hidup, "diam itu emas" meskipun terkadang dia ini "diam-diam menghanyutkan". Karena tipe yang kayak gini bukan tipe orang yang ekspresif dan eksposif. Bukan orang yang suka meng-ekspose dan berekspresi. Yahh, keep calm stay cool juga sih.

Si Kece
Tipe ini termasuk barang langka. Dia ini pujaan hati orang-orang. Jadi lo mesti hati-hati ma dia, jagain pacar lo secara resmi dari orang ini. Biar pacar lo gak berpaling ma dia.

Si Mesum
Mesum. Ya, mesum. Entah itu cewek atau cowok, normal atau tidak, ganas atau halus, ekstrim atau nonekstrim yang jelasnya dia ini mesum. Mesum jenis apapun itu masuk dalam kategori ini.

Si Gamers
Tipe ini suka bawa barang-barang berbasis teknologinya kesekolah yang ada unsur gamingnya. Mulai dari Notebook, Laptop, Gadget, ampe Playstation juga mungkin. Sepaket ama TV dibawa juga kesekolah. Dia ini dalam dunia Gaming sangatlah terlalu berkembang. Up to date banget dia orangnya. Tipe yang ini kalo ngomong ya, bahasanya tuh terkadang tinggi banget, lebih ribet dari bahasa HTML. Jadi wajar aja kalo ngomong ma dia suka gak nyambung gitu.

Si Teman Kalo Ada Maunya
Secara resmi tipe ini hanya manfaatin lo sebagai temannya. Layaknya sebuah senter yang hanya dipakai saat gelap. Sama ama dia, cuma ngegunain teman kalo lagi butuh.

Si Haters
Kita memang sering menjumpai yang namanya haters. Haters ini bukan hanya untuk orang terkenal doank loh. Kek artis-artis gitu. Orang biasapun, seperti saya contohnya juga. Juga punya haters. Bahkan mungkin lebih banyak dari artis yang terkenal. Meskipun dia ini seorang teman, tapi benci gitu ama lo secara harfiah. Tetep aja haters.

Tukang Ngidol
Tipe ini suka ngomongin soal idolanya yang jauh disana. Idolanya suka dibangga-banggain, dupuja-puja gitu. Biar keliatan fans sejati.

Si Hobi Bolos
Tipe ini demen bolos, gak tau napa. Mungkin karena alasan-alasan tertentu dia ini jadi demen bolos. Dia gak peduli ama setiap kata-kata bijak yang terlontar dari mulut gurunya. Skill yang dia tau cuman bolos.

Si Kelewat Pede
Tipe teman yang terlalu betlebihan PeDe. Tipe ini tadi udah gue singgung dalam jenis-jenis level pelawak. Dia ada pada level amateur menurut gue. Asik sih orangnya, seru gitu. Tapi dianya gak tau malu. Meskipun didepan umum.

Si Peluncur
Istilah peluncur ini cenderung dicapkan untuk anak yang diperbudak ama temannya. Jadi kalo ada temen lo yang cuman jadi pembantu, suka disuruh-suruh dan diperintah kek babu. Dia termasuk dalam kategori ini.

Si Gak Penting
Tipe ini gak penting. Gak usah dibahas, kan gak penting juga. 

Karakteristik setiap orang memang berbeda-beda, jadi wajar aja kalo pacar lo itu kadang suka ama orang yang menurutnya lebih asik dari lo. Itu wajar, rasionalisme namanya. Jadi apapun karatkter temen lo. Lo tinggal nyesuaiin diri aja. Jangan suka makan hati.

Post a Comment

12 Comments

  1. Segala tipe ada semua kayaknya di teman2 gue. Ajib :))

    ReplyDelete
  2. biar gimana pun mereka tetep temen2 kita. yang nyebelin pun kalau sudah lama gak ketemu bisa jadi kangen loh. dan apalagi kalau reuni inget masa2 jahil di sekolah pasti seru :D
    nice post :3

    ReplyDelete
  3. Semua kriteria lengkap. Tinggal milih ya? :p

    ReplyDelete
  4. Kalo gue termasuk si nanggung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa nanggung soal temen, yang penting gak nanggung soal cinta..

      Delete
  5. saking banyaknya ane termasuk kemana ya :( visti balik om

    ReplyDelete
  6. Ternyata ada banyak jenis teman ya. Gue baru tahuuu. Hahaha.

    ReplyDelete